Kamis, 04 Desember 2014

Tagged Under:

Media Penyimpanan

By: Unknown On: 23.43
  • Share The Gag
  • Media Penyimpanan

    Media Penyimpan mempunyai kegunaan untuk menyimpan dan Media Penyimpan pada komputer juga mempunyai fungsi untuk proses hidup komputer.
    Di dalam komputer, mempunyai dua macam media penyimpan. Yaitu Media Penyimpan Internal dan Media Penyimpan External.

    Media Penyimpan Internal
    Media Penyimpan Internal atau yang sering di sebut dengan Memory ini memang mepunyai peranan penting dalam sebuah Komputer. Pada dasarnya, komputer sangat membutuhkan Memory untuk dapat di hidupkan. Untuk lebih jelasnya, komputer akan dapat hidup jika terdapat Memory (Media Penyimpan Internal) di dalamnya. Namun sebaliknya, Komputer tidak dapat hidup jika tidak terdapat Memory di dalamnya. Berikut merupakan Memory yang terdapat pada komputer :


    ·                     RAM (Random Access Memory)
    Memory yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data sementara pada computer. Hal ini akan mengakibatkan dalam proses penyimpanan tidak terlalu sering di simpan pada Hardisk. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat kinerja computer Anda.

    ·                     ROM (Read Only Memory)
    Memory yang hanya di gunakan untuk membaca data dan tidak dapat di gunakan untuk menulis data.


    Media Penyimpan External
    Media Penyimpan External merupakan memory kedua setelah memory internal. Namun bedanya adalah jika Memory Internal sangat di butuhkan Komputer untuk dapat hidup, Memory External tidak mempunyai peranan untuk itu. Memory External lebih mengarah pada fungsi untuk menyimpan data-data seperti Document, Video, Gambar. Jika Memory Internal mempunyai peranan untuk menghidupkan Komputer, tidak dengan Memory External. Walaupun tidak ada Memory External di dalam komputer, komputer masih dapat hidup. Berikut merupakan memory external yang terdapat pada komputer :

    ·                     Hardisk
    Memory yang berfungsi untuk menyimpan data-data external seperti Gambar, Video, Document dan lain-lain.

    ·                     FlashDisk
    Mungkin memory ini sudah tidak asing lagi untuk Anda. Memory yang dapat di bawa kemana-mana di samping praktis, memory ini juga sudah mempunyai kapasitas yang cukup besar mulai dari 1 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, hingga 32 GB tidak menutup kemungkinan kapasitas akan terus bertambah.

    ·                     FloopyDisk
    Floopy Disk merupakan media penyimpan yang mempunyai bentuk seperti CD hanya saja bentuknya lebih kecil. Banyak yang menyebut memory ini dengan sebutan Disket. Namun seiring dengan kemajuan zaman, media penyimpan ini sudah di tinggalkan dan banyak yang berganti dengan CD yang mempunyai kapasitas yang lebih besar di banding dengan Disket.

    ·                     CD
    Media penyimpan ini merupakan media perkembangan dari Disket. Di samping mempunyai kapasitas yang lebih besar, CD ini mempunyai kegunaan yang lebih luas di banding dengan Disket. Untuk itu, banyak dari pengguna yang beralih pada CD dan memilih untuk meninggalkan Disket.

    0 komentar:

    Posting Komentar