Jumat, 12 Desember 2014

Tagged Under:

PENGERTIAN WEB SERVICE

By: Unknown On: 20.16
  • Share The Gag
  • PENGERTIAN WEB SERVICE


           Web service merupakan suatu suatu layanan sistem perangkat lunak yang mendukung interaksi dan komunikasi dengan sistem yang berbeda – beda (interoptabilitas) pada suatu jaringan. Web service digunakan sebagai bentuk layanan oleh sebuah website untuk menyediakan layanan berupa cuplikan – cuplikan informasi, sehingga memungkinkan sistem diluar website tersebut dapat berinteraksi dengan dengan website tersebut melalui layanan – layanan yang disediakan.

            Web service menyimpan data dengan standar XML sehingga dapat diakses oleh sistem lain walaupun berbeda platform, sistem operasi, maupun bahasa compiler. Dalam proses kerjanya web service tidak memerlukan GUI karena yang bekerja biasanya pada fungsi logic program dan request data.
    Terdapat beberapa fitur kemudahan yang membuat web service saat ini sering digunakan dalam praktik di dunia IT saat ini, yaitu:

    1.    Web service tidak memerlukan akses hingga level sistem operasi, sehingga          cukup terdeploy di web server dan layanan sudah dapat dilakukan.
    2.    Web service berjalan pada protocol standar http, sehingga mudah diintegrasikan serta tidak memerlukan konfigurasi khusus di sisi firewall.


            Untuk menyediakan Webservice dapat menggunakan bahasa pemrograman apa saja seperti PHP/Java/Ruby/C/Phtyon/Basic yang penting Webservice tersebut menghasilkan sebuah format data berupa teks yang biasa nya dalam bentuk 
    XML atau JSON dan Webservice tersebut dapat diakses melalui protokol HTTP.

    0 komentar:

    Posting Komentar